Pembelajaran Berbasis Masalah

Posted: 26 September 2013 in Pendidikan

PENDAHULUAN

Sistem pembelajaran yang selama ini dilakukan mayoritas masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional (faculty teaching)  yang biasa disebut ceramah murni atau ceramah dengan menggunakan alat bantu white board (papan tulis), yang kental dengan suasana instruksional dan dirasa kurang sesuai dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat (Dabutar, 2008 : 2).

Menurut Mursell & Nasution (2006:11-12), cara mengajar yang konvensional membuat peserta didik belajar dengan cara yang sangat tidak efisien, peserta didik tidak sanggup memahami pelajaran dengan suatu tujuan yang jelas, tidak sanggup menilai apa yang dipelajari, tidak sanggup menyusun fakta dan mengambil kesimpulan, karena mereka tidak memperoleh hasil belajar yang autentik. Selain itu dalam pembelajaran konvensional, komunikasi yang terjadi satu arah, peserta didik pasif, peserta didik hanya menggunakan satu alat indra yaitu pendengaran, peserta didik tidak diharuskan berpikir dan mengutamakan hapalan (Nasution,1999:80)……..

Penulis : I Putu Widyanto

Dipublikasikan Di Jurnal Bawi Ayah. Volume II Tahun 2012.

Artikel Lengkap Silahkan Di Klik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s