Program Pengembangan Kurikulum II

Posted: 25 September 2013 in Arsip Bahan Ajar

PEMICU 

EVALUASI KURIKULUM

Sebelum suatu kurikulum diberlakukan secara nasional, diperlukan adanya fase pengembangan kurikulum di mana kurikulum yang baru tersebut dirancang dengan cermat dan diuji coba dalam lingkungan terbatas, sebelum akhirnya diputuskan untuk disebarluaskan ke semua lembaga pendidikan.

Berbagai upaya perlu dilakukan selama proses pengembangan kurikulum, termasuk proses evaluasi. Tujuan dari pelaksanaan evaluasi kurikulum adalah sebagai perbaikan program kurikulum, sebelum diberlakukan dalam sistem yang ada. Proses evaluasi kurikulum dilaksanakan pada komponen isi pelajaran sehingga dapat menghasilkan sebuah kurikulum yang diharapkan oleh pengguna kurikulum.

Pentingnya proses evaluasi dalam keseluruhan kegiatan pengembangan kurikulum dimana, evaluasi yang tepat dan berkelanjutan sangat diperlukan untuk mendukung terwujudnya proses pengembangan kurikulum dengan efektif. Secara garis besar, berbagai konsep/model evaluasi yang telah dikembangkan selama ini dapat digolongkan ke dalam empat rumpun model yaitu measurement, congruence, illumination, dan educational system evaluation. Pemilihan model evaluasi disesuaikan dengan evaluasi apa yang akan dilakukan. Dari hasil-hasil evaluasi ini lah pihak pengembang dapat mengadakan perbaikan dan penyesuaian sebelum kurikulum yang baru tersebut disebar luaskan secara nasional.

 SELAMAT BELAJAR

BELAJAR MANDIRI

  1. PENGERTIAN EVALUASI KURIKULUM
  2. TUJUAN EVALUASI KURIKULUM
  3. OBJEK EVALUASI KURIKULUM
  4. MODEL EVALUASI KURIKULUM

KET : MIN. LIMA SUMBER LITERATUR

Power Poin Kontrak Belajar Silahkan  DI KLIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s