Hasil Diskusi Pengembangan Kurikulum II klp. I

Posted: 17 September 2011 in Arsip Bahan Ajar
HASIL DISKUSI KELOMPOK I
PENGEMBANGAN KURIKULUM II
NAMA KELOMPOK:   1. MILAWATIE
                                           2. PILA VALENTINA
                                           3. KADEK AYU LISNA DEWI
                                           4. DEWI SINTA
                                           5. YULI WINATA
  SOAL
1. Jelaskan definisi kurikulum menurut winarno surahmad?
2. sebutkan fingsi -fungsi kurikulum  jika ditinjau dari tiga segi yaitu  fungsi bagi sekolah yang bersangkutan, fungsi bagi
sekolah tingkat atasnya dan fungsi bagi masyarakat ?
3. sebutkan peranan-peranan kurikulum dalam program pendidikan?
  JAWABAN
1. Meurut winarno surahmad kurikulum merupakan sesuatu yag di jadikan pedoman dalam segala kegiata pendidikan yang dilakukan, termasuk kegiatan belajar megajar di kelas. dalam hal ini kita dapat memandag  bahwa kurikulum merupakan sesuatu program yang di desain, direncanakan dikembangkan dan akan di laksanakan dalam situasi belajar megajar yang segaja di ciptakan  di sekolah. Atas dasar hal tersebut winarno surahmad mendefinisikan kurikulum sebagai suatu program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan pendidika  tertentu.
2.  Fungsi – fungsi kurikulum :
  A. Fungsi bagi sekolah yang bersankutan yaitu  sebagai alat utuk mencapai tujuan-tujuan pendidika yang diinginkan  dan kurikulum dijadikan sebagai  pedoman  untuk mengatur kegiatan-kegiatan  pendidikan yang dilaksanakan di sekolah .
 B. Fungsi bagi sekolah tingkat atasnya yaitu  kurikulum dapat mengontrol atau memelihara keseimbangan proses pendidikan dengan mengetahui kurikulum sekolah pada tingkat tertentu, maka kurikulum pada tingkat di atasnya dapa mengadakan penyesuaian  dan kurikulum berfungsi untuk nenyiapkan tenaga pengajar .
 C.  Fungsi bagi masyarakat  yaitu para tamatan sekolah memag di persiapka untuk terjun di masyarakat atau tugasnya  utuk bekerja sesuai dengan ketrampila profesi yang dimilikinya oleh karena itu kurikulum sekolah haruslah mengetahui atau mencerminkan hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat atau para pemakai  keluaran sekolah dan juga berfungsi bagi pembenahan kurikulum.
3. Ada tiga peranan kurikulum yaitu :
  a. Peranan koservatif  ysitu mentranformasikan dan mentransmisika warisan sosial ( kebudayaan ) kepada generasi muda.
  b. Peraan kritis ataw evaluatif  yaitu kurikulum harus turut aktif  berpartisipai dalam kontrol sosial dan menekankan pada unsur-unsur berpikir kritis
  c. Peranan kreatif yaitu kurikulum mencipta da menyusun sesuatu yang baru sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa mendatang dalam masyarakat.
Penulis : Kelompok I
Tugas Dalam Bentuk File Silahkan Diklik
Komentar
  1. Anonim mengatakan:

    pak.tugas kelompok 2 program pengembangan kurikulum II sudah masuk apa belum??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s