Komite Orang Tua Siswa

Posted: 17 Agustus 2011 in serba serbi

Salah satu hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk menampung partisipasi masyarakat dalam peran serta peningkatan pendidikan di sekolah adalah pembentukan komite orang tua siswa/paguyupan orang tua siswa yang selama ini telah ada di jenjang pendidikan SD, SLTP dan SLTA yang memiliki payung hukum pada Kepmendiknas Nomor : 044/U/2002 tanggal 2 April 2002, tentang dewan pendidikan dan komite sekolah (Suparlan, 2008:205).

Salah satu tujuan pembentukan komite orang tua siswa adalah meningkatkan tanggung jawab dan peran serta masyarakat khususnya orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal ini berarti peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam peningkatkan mutu pendidikan, bukan hanya sekadar memberikan bantuan berwujud material saja, namun juga diperlukan bantuan yang berupa pemikiran, ide dan gagasan-gagasan inovatif demi kemajuan pendidikan di sekolah.

Melalui komite orang tua siswa para anggota akan menyusun program dan bekerja secara sistematis demi peningkatan kualitas pembelajaran , serta bisa merasakan adanya perkembangan dan kemajuan sebagai hasil kegiatan mereka. Pembentukan dan pengembangan kelompok masyarakat melalui komite orang tua siswa dapat dikatakan sebagai basis dari strategi pembangunan pendidikan dari bawah. Dari kelompok-kelompok itu diharapkan akan timbul dinamika dari bawah. Hal yang mendasar dalam kelompok adalah perlunya penyadaran warga masyarakat untuk mau dan mampu berpartisipasi sehingga dalam kelompok terjadi dinamika sebagai institusi masyarakat yang peduli akan kemajuan pendidikan.

Penulis : Putu Widyanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s