Teori

Posted: 20 Juni 2011 in Teori

Sebagai dasar untuk membedah masalah yang diteliti, maka diperlukan teori sebagai pijakan teoiritis dan analisisnya. Teori dalam penelitian memiliki posisi yang sangat strategis. Hal itu disebabkan oleh masalah-masalah yang dikaji dapat diselesaikan melalui teori yang relevan.

Suhartono (2008:97), menjelaskan teori adalah langkah awal dari kegiatan ilmiah dalam rangka mencapai pengetahuan yang benar mengenai suatu objek. Masih menurut Suhartono teori selalu bersifat deskriptif, yaitu menjelaskan ide atau gambaran umum tentang suatu objek dan berkekuatan hipotetik.

Menurut Riduwan (2006:7), teori adalah suatu pendapat yang relevan yang dapat digunakan untuk menjelaskan tentang variabel yang akan diteliti sebagai dasar untuk memberi jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang diajukan atau hipotesis dan penyusunan instrumen penelitian. Teori yang digunakan bukan sekedar pendapat  dari pengarang, penguasa, tetapi teori yang benar-benar telah diuji kebenarannya.

Suatu teori harus mengandung konsep, definisi dan proposi ada hubungan logis diantara konsep-konsep, definisi-definisi dan proposisi-proposisi. Hubungan tersebut menunjukan atau merupakan cermin fenomena sosial dengan demikian teori dapat digunakan untuk eksplanasi dan prediksi (Zamroni, 1992:2).

Selanjutnya menurut Soekanto (2005:27), teori merupakan hubungan antara 2 fakta atau lebih atau pengaturan fakta menurut cara-cara tertentu. Fakta tersebut merupakan sesuatu yang dapat diamati dan pada umumnya dapat diuji secara empiris oleh sebab itu, dalam bentuknya yang paling sederhana suatu teori merupakan hubungan 2 variabel atau lebih yang telah diuji kebenarannya.

Penulis : Putu Widyanto

Komentar
  1. rid755 mengatakan:

    minta ijin copy…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s