Menjadi Guru Inspiratif

Posted: 21 April 2011 in serba serbi

Setiap orang yang pernah belajar pasti memiliki guru, jumlah guru yang pernah mengajar kita pun jumlahnya sangat banyak mungkin sampai ratusan jumlahnya. Akan tetapi dari sekian banyak guru yang pernah mengajar kita, tidak semunya kita kenang atau kita ingat. Hanya sebagian saja yang masih kita kenang karena “keistimewaan” tertentu yang ada pada guru tersebut. Guru istimewa inilah yang biasanya selalu dikenang. Para siswa biasanya menyebut mereka guru idola atau guru favorit. Guru semacam ini tidak hanya sebatas mengajar dan meninggalkan kesan, tetapi juga mampu mempengaruhi, bahkan mengubah kehidupan mereka.

Fenomena semacam ini merupakan suatu hal yang cukup mengusik. Jika sebagian besar guru tidak mampu meninggalkan kesan mendalam di mata para siswanya. Berarti tidak banyak hal penting yang mereka wariskan kepada para siswa. Apa yang diberikan tidak lebih dari sekedar pengetahuan yang memang harus mereka berikan sesuai dengan tugasnya. Padahal jika ingin mencapai sebuah kemajuan secara signifikan, idealnya semakin banyak guru yang mampu menginspirasi para muridnya. Guru yang mampu mempengaruhi dan mengubah jalan hidup para siswanya untuk menjadi lebih baik disebut sebagai guru inspiratif  (Naim, 2009).

Guru inspiratif memiliki orientasi lebih luas, tidak hanya terpaku pada kurikulum, melainkan memiliki orientasi lebih luas dalam mengembangkan potensi dan kemampuan para siswanya. Guru yang inspiratif dapat menjawab tantangan pembelajaran ke depan dengan memanfaatkan potensi sprit inspirasi guru yang dimilikinya.

Naim, (2009:97) menyebutkan criteria guru inspiratif sebagai berikut : (1) terus belajar, (2) kompoten professional, personal, dan social, (3) ikhlas, (4) spritualis, (5) totalitas, (6) motivator dan kreatif, dan (7) pendorong perubahan.

Penulis : Putu Widyanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s