Perempuan dan Kesetaraan Pendidikan

Posted: 1 April 2011 in Press Report

Menurut Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal saat membuka Roundtable Discussion “Menyongsong Lahirnya UU Kesetaraan Gender”, di kantor Kemdiknas, Kamis (31/03). “saat ini gender parity di SD, SMP, dan perguruan tinggi, Indonesia sudah baik. Namun untuk SMA/sederajat, akses perempuan tertinggal 4-5 persen dari laki-laki. Hal ini erat kaitannya dengan menikah muda, dan kendala ekonomi”.

Lebih lanjud Fasli mengatakan, ada strategi untuk mengatasi kesetaraan gender yaitu dengan program beasiswa untuk SMA bagi perempuan yang akan lulus SMP.  “Secara nasional. Ada 550 ribu orang/tahun, masing-masing Rp720 ribu/tahun,” katanya.

Selain itu menurut pendapat Ketua Presidium Nasional Mitragender Sri Redjeki Sumaryoto menyampaikan, keterlibatan perempuan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan politik masih sangat minim. Indonesia menduduki peringkat 93 dari 134 negara. Hanya unggul sedikit dari Kamboja pada posisi 104. Untuk kawasan ASEAN Filipina menduduki posisi teratas pada kesetaraan gender, pada posisi 9.

Melihat kondisi rendahnya keterlibatan perempuan dalam berbagai bidang. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggandeng Kementerian Pendidikan Nasional, dan Kementerian Agama akan memperjuangkan kesetaraan gender tersebut. Kesetaraan gender masuk dalam dua agenda internasional pendidikan, yaitu Education For All dan Millenium Development Goals.

Dalam dunia pendidikan ada tiga akses yang perlu di perhatikan untuk mewujudkan kesetaraan tersebut yakni kesetaraan akses terhadap fasilitas pendidikan, dalam pengambilan kebijakan, dan kesetaraan dalam menerima manfaat. “Kami berharap di dunia pendidikan ditanamkan dan dikembangkan model-model sehingga betul-betul menginspirasi keluarga, masyarakat untuk memperhatikan (kesetaraan gender) ini secara terus menerus,” kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal saat membuka Roundtable Discussion “Menyongsong Lahirnya UU Kesetaraan Gender”, di kantor Kemdiknas, Kamis (31/03).

Penulis : Putu Widyanto

Sumber : Kemendiknas

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s