Integrasi Perguruan Tinggi Negeri

Posted: 20 Maret 2011 in Press Report

Kementerian Pendidikan Nasional akan melakukan kebijakan yang ditujukan untuk efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan di pendidikan tinggi. Kebijakan ini berupa integrasi antara perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas Djoko Santoso pada acara Rembuk Nasional Pendidikan di Depok (16-18 Maret 2011), mengatakan integrasi yang dimaksud ialah antara perguruan tinggi bisa melakukan satu kegiatan belajar bersama dengan satu ijazah yang akan dikeluarkan bagi lulusannya dengan tanda tangan rektor dari keduanya. Gelar bersama yang akan diberikan tidak hanya jenjang S1, namun juga S2 dan S3. Selain itu untuk efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di PT kebijakan ini dimaksutkan juga untuk memungkinkan tenaga pengajar sebuah PT dapat diperbantukan kepada perguruan tinggi yang membutuhkan selain itu untuk dapat saling melengkapi untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa.

Djoko menjelaskan, hal ini bisa dilakukan karena dosen diperbolehkan mengajar di perguruan tinggi yang berbeda. Kebijakan mengenai ini akan diperkuat dengan peraturan menteri yang tengah disusun, yang ditargetkan tahun ini rampung, sehingga dapat diimplikasikan tahun 2012. Selain itu tidak hanya dosen yang saling membagi namun berbagai fasilitas juga dapat dinikmati bersama. Seperti perpustakaan di mana sistem perbukuannya menerapkan buku elektronik maka dapat dibaca oleh mahasiswa manapun. Selain itu pula laboratorium juga dapat dipakai oleh mahasiswa yang melakukan kerja sama penelitian dengan perguruan tinggi yang dimaksud. “Di Eropa sudah biasa seperti ini. Kalau di Indonesia baru ITB dan UGM saja yang melakukan,” tambahnya.

Penulis : Putu Widyanto

Sumber : http://republika.co.id (18 Maret 2011) & Kapos tgl 20 Maret 2011 hal. 1

Komentar
  1. Anonim mengatakan:

    kl emang terwujud bakalan asik kuliah bsa kuliah di dua tempat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s