Belajar Dengan Panca Indra

Posted: 10 Februari 2011 in serba serbi

Penelitian Jacobs dan Schade (dalam Munir 2008:232), yang menunjukkan daya ingat orang yang hanya membaca saja memberikan persentase terendah, yaitu 1 %. Daya ingat ini dapat ditingkatkan hingga 25-30 % dengan bantuan media lain seperti televisi. Daya ingat makin meningkat dengan menggunakan media 3 dimensi seperti media berbasis komputer, hingga 60 %. Ditemukan pula, bahwa media berbasis komputer memiliki kemampuan menampilkan konsep 3D (tiga dimensi) secara efisien dan efektif dengan kurikulum pembelajaran yang direncang secara sistematik, komunikatif dan interaktif sepanjang proses pembelajaran. Media berbasis komputer juga merupakan media pembelajaran yang efektif dan efisien berdasarkan kemampuannya menyentuh berbagai panca indra, sehingga dapat membuat menarik sebuah pembelajaran

Salah satu upaya agar penyampaian materi pelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik sehingga memotivasi peserta didik belajar, tidak cukup dengan hanya meman­faatkan indera pendengaran saja, yaitu penyampai­annya hanya dengan metode ceramah dengan bantuan white board saja ataupun kalimat-kalimat verbal saja. Tetapi sebaiknya juga memanfaatkan media yang bisa dinikmati oleh indera penglihatan.

Karena dalam proses pembelajaran sering terjadi kegagalan komunikasi artinya materi pelajaran /pesan yang disampaikan pendidik tidak dapat diterima oleh peserta didik dengan optimal artinya tidak seluruh materi pelajaran  dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik sehingga terjadi ketidak ketertarikkan peserta didik terhadap materi pelajaran sehingga akan menurunkan motivasi untuk belajar. Lebih parah lagi peserta didik sebagai penerima pesan salah menangkap isi pesan yang disampaikan. Untuk menghindari semua itu, maka pendidik dapat menyusun strategi pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan sumber belajar sebagaimana dikemukakan oleh Sanjaya (2007 : 160).

Penulis : Putu Widyanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s