Sejarah Singkat STAHN-TP Palangka Raya

Posted: 8 Januari 2011 in Sekilas STAHN-TP Palangka Raya

Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya  (STAHN-TP) terletak di jalan G. Obos X kota Palangka Raya.  Latar belakang sosial budaya masyarakat kota Palangka Raya sangat agamis, salain itu mata pencaharian sebagian besar masyarakat propinsi Kalimantan Tengah adalah pertanian dan kehutanan,  keberadaan STAHN-TP Palangka Raya menjadi sangat penting untuk meningkatkan kondisi masyarakat Kalimantan Tengah. Berdasarkan buku pedoman STAHN-TP Palangka Raya tahun 2008, sejarah singkat STAHN-TP Palangka Raya adalah sebagai berikut :

STAHN-TP Palangka Raya tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Sekolah Pendidikan Guru Agama Hindu (PGAH) Kaharingan Parentas yang telah ada sejak tahun 1981 di bawah pimpinan bapak Drs. Walter S. Penyang dan merupakan naungan dari yayasan Dwijendra Cabang Palangka Raya. Untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada umat, maka sebagai wujud nyata dari perjuangan Lembaga Agama yaitu Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan (MB-AHK) dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Propinsi Kalimantan Tengah serta Pembimbing Masyarakat Hindu dan Budha Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Kalimantan Tengah dan berbagai tokoh-tokoh yang berjasa dalam merintis pendirian PGAHK Perentas seperti : Bapak Simal Penyang, Lewis KDR, BBA, Drs. Liber Sigai, Drs. Oka Swastika, IDM Greh Putra, Bajik Simpei, Drs. I Wayan Madu, Kundit U Djunas serta Drs. Arton S Dohong. Dalam rangka menyiapkan kader-kader sumber daya manusia di bidang pendidikan, memenuhi tenaga guru khususnya guru Agama Hindu Kaharingan di Kalimantan Tengah.

Sejalan dengan perkembangan pendidikan guru Agama Hindu, maka PGAHK Parentas guna mengatasi kekosongan guru Agama Hindu Kaharingan pada tingkat yang lebih tinggi, maka dengan perjuangan dan segala terobosan-terobosan maka tokoh-tokoh perintis, seperti Bapak Lewis KDR, BBA, Drs. Liber Sigai, Drs. Walter S. Penyang, Drs. Oka Swastika, Drs. I Ketut Muder, M.Si, Drs. Midday, MM, Drs. Rangkap I Nau, MM, Drs. Rai Astawa, Drs. Atta, dan Drs. I Wayan Karya, M.Pd, maka pada tanggal 6 September 1986 keluarlah SK Yayasan Dwi Jendra Cabang Palangka Raya dengan Nomor : 02/YDC/PR/IX/1986 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Hindu Kaharingan Tampung Penyang Palangka Raya serta ijin oprasional dari Dirjen Bimas Hindu dan Budha Departemen Agama RI Nomor : H/PP.009/1189/1987 tanggal 4 September 1987.

Mengingat prospek STAH-TP Palangka Raya untuk masa yang akan datang sangat strategis untuk pembinaan umat, maka dilakukan terobosan untuk meningkatkan status dari perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri, alhasil keluarlah Keputusan Presiden RI Nomor 27 Tahun 2001 Tanggal 21 Pebruari 2001 Tentang Perguruan Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya.

Komentar
  1. Anonim mengatakan:

    pak putu makash info sejarahnya…. lengkap banget dah lama cari buat bikin skripsi hehehe

  2. Anonim mengatakan:

    bagus, apa lg ada download Kepres nya. trim

  3. ayu mengatakan:

    trimkasih infonya

  4. nyoman rini yanti mengatakan:

    wah,,bagus sekali kupasan nya mengenai sejarah stah,,lanjutkan lagi kupasan kupasan yang lebih tajam mengenai hindu pak dosen..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s